Ubuntu lucid (10.04 LTS 64bit) pada Dell 1464

Sudah beberapa hari ini menggunakan Ubuntu Lucid di Dell inspiron 1464. Laptop ini berprosesor i3, sehingga harus menggunakan Ubuntu 64bit atau dikenal dengan amd64, walaupun sebenarnya bisa digunakan pada prosessor apapun selain amd, asal mendukung 64bit.

Setahu saya, di Indonesia terdapat 2 seri dari Dell 1464 ini, yakni yang sudah menggunakan sistem operasi Windows 7 dan satunya lagi dengan DOS dengan selisih harga sekitar 1juta rupiah. Sehingga ketika membeli, saya pribadi lebih memilih Dell 1464 yang masih kosong tanpa sistem operasi karena keinginan lama untuk menggunakan LInux secara total.

Namun ada hal yang menarik ketika membeli laptop ini beberapa hari yang lalu. Entah ‘kelebihan’ toko di Indonesia atau mungkin inilah kelemahannya, yakni laptop ini sudah ada Windows 7 nya. Pertama kali mencoba di toko, saya pribadi kaget, karena jangan2 ini seri yang 1464 yang sudah ada sistem operasi (asli), ternyata menurut penjualnya ini memang diinstalkan oleh teknisinya. Siapakah yg harus disalahkan? konsumen atau si penjual? *Bonus yang useless*

Akhirnya, baru beberapa jam sampai di kantor Pattiro Surakarta hilanglah si Windows 7 bajakan dari Dell 1464 ini, berganti dengan si Lucid Lynx 64bit. Dalam proses installnya ada yang aneh, yakni instalasinya yang sangat lama dibanding dengan ubuntu biasa (32bit). Tapi alhamdulillah semuanya selesai juga. Sampai akhirnya kesulitan mulai datang. Yakni driver wireless.

Tanpa googling, mencoba sendiri lewat Hardware Driver (jockey-gtk) si wifi bisa dikenali, namun ini bukan sebuah masalah, yakni restart dulu sistemnya, dan ketika hidup pertama kali buka Terminal dan ketikkan:
sudo jockey-gtk
*jangan membuka Hardware Driver dari pojokan kanan.
dan pilih yang STA dari Broadcomm. Tapi yang harus diingat lagi adalah harus ada koneksi internet terlebih dahulu. sangat berbeda dengan release yang sebelumnya yang tak harus menggunakan koneksi pun sudah bisa.

Beberapa bug yang saya temui dari si Dell 1464 ini di Ubuntu Lucid 64bit dan itu cukup mengganggu. Antara lain Gwibber yang tidak bisa dijalankan (bagi saya bukan masalah karena saya jg tak punya twitter dan teman2nya), resume dan hibernate yang tidak bisa dijalankan sempurna (bisa resume dan hibernate, namun tidak bisa dihidupkan lagi), fitur kalender evolution yg tidak bisa dijalankan juga. Disisi kostumisasi Emerald bisa dijalankan dengan sangat cepat, namun ketika mengganti tema, si emerald akan menghilang dengan cepat juga. πŸ™

Menurut beberapa informasi hal ini sudah terdapat patch-nya di kernel selanjutnya, namun karena kernel tersebut belum masuk stable release (tahap rc), maka mendingan nunggu saja itu lebih baik bagi saya pribadi.

Beberapa kelebihan dari Ubuntu di Dell 1464 ini adalah
– yang jelas gratis tak perlu membajak lagi.. πŸ™‚
more faster for working..
– hardware yang hampir semuanya bisa berjalan lancar..

13 thoughts on “Ubuntu lucid (10.04 LTS 64bit) pada Dell 1464”

  1. naice posstt gan…
    jd masukan buat saya yg mo ambil dell 1464 jg,,
    cos,pngin instal ubuntu jg..,biar tahu kendala hardware apa aja yg g bs detek. πŸ˜€
    thx

  2. Wah, berguna banget! Udah seminggu coba utak atik ubuntu di dell 1464 gagal terus. Mau tanya, sudah ada koneksi internet maksudnya gimana? semacam free wifi gitu atau kita mesti setup wireless connection seperti indosat IM2 atau telkomflash? atau koneksi wireless apapun asal bisa kedeteksi? soalnya coba activate gagal. Mohon pencerahan..thx bangett

    1. sudah ada koneksi internet maksudnya adalah ketika intalasi chipset wifinya (broadcomm 4312).
      coba pakai koneksi kabel (ikut nebeng di warnet, untuk pengaturan coba tanya ke petugas warnetnya..) ngga terlalu lama kok. paling setengahan jam..
      karena sepengalaman saya pribadi, hanya driver wifinya saja yg ngga bisa langsung dideteksi.

  3. artikel mantab, ternyata bnyak juga pengguna linux, saya jg pas kebetulan mau beli laptop ini dan kebetulan pengguna linux juga, emang kalo dkash yg 32bit kurang cepat ya mas?

    1. soal cepat dan tidaknya tergantung pada anda memanajemen software kok.. tapi untuk saya pribadi mendingan menggunakan yang sekalian 64bit, karena memang kernelnya dirancang untuk memaksimalkan kinerja processor jenis 64bit jg.. πŸ™‚

  4. ini aku kesulitan ma wirelesnya, aku udah puter2 nyari cara buat ngaktifinya tapi blum ketemu2, aku make linux mint 10 (julia). kalo mau ngaktifin driver wireles kudu konok sama internet dulu ya? modem apa aja sih yang udah kompatible ma linux, mohon pencerahan. butuh banget koneksi wifi buat update software terbaru.

    1. untuk wireless sebaiknya menggunakan jockey (Additional Driver) dari System > Administration, dan dikoneksikan menggunakan Kabel UTP. Setelah selesai restar system dan coba koneksikan.
      sedangkan untuk modem, saya kurang terlalu sering menggunakan, tapi saran saja untuk menggunakan modem yang agak bermerk, atau sudah terkenal, karena rata-rata akan semakin banyak tutorialnya. πŸ˜‰

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.