Sedikit Tips Security Ubuntu

Sejak menggunakan ubuntu beberapa tahun lalu, ada satu hal yang selalu menjadi pertanyaan bagi saya, yakni tentang keamanan. Para pengguna awal ubuntu biasanya memahami tentang keamanan sistem hampir sama halnya dengan penyebaran virus. Bebas virus, besarnya dukungan komunitas, bebas malware, tak lagi bluescreen, dan gratis adalah yang selalu didengungkan. Sehingga pernah suatu saat ada seorang teman yang mengatakan ketika ingin menggunakan crossover (program berbayar selain wine yang bisa menjalankan program windows) kok harus bayar, padahal inikan Linux..

Ada berbagai macam artikel yang membahas bahwa memang security di sistem Linux pada umumnya jauh diatas sistem Operasi lain terutama Windows. Karena perbedaan pengelolaan host dan eksekusi program, maka keunggulan Linux jauh lebih unggul. Tapi apakah benar-benar bebas serangan? Terutama untuk Ubuntu?

oke, misalnya saya teman anda, dan membetulkan Ubuntu anda, saya akan bertanya password untuk login apa ya? anda kemudian memberikan password anda, misalkan saja 123***. Masuk ke terminal dan sudo bla.. bla..

Dengan perintah passwd maka misalkan saya, sudah bisa masuk menjadi root di ubuntu anda, tanpa anda sadari. Karena apa? karena secara default, ubuntu tidak mengijinkan kita masuk/login dengan user root. Nah, secara sederhana, pasti juga terpikir bahwa user bisa juga kan mengganti password tersebut. Jawabannya bisa juga.. 🙂 Tapi apabila hal tersebut dilakukan lewat proses remote? Sehingga saya bisa juga mengganti password anda? 🙂

Semua berawal dari kebiasaan, sehingga tips ini semoga berguna.

Gantilah password anda dengan password kombinasi huruf dan angka dan symbol. Masih banyak orang menggunakan password yang asal, karena hanya menggunakan Ubuntunya ketika berinternet saja. Padahal Internet adalah pintu.

4 thoughts on “Sedikit Tips Security Ubuntu”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.