Oneiric Ocelot di Dell 1464

Oneiric Ocelot merupakan generasi terbaru Ubuntu yang baru kemarin rilis. Kehadiran Oneiric Ocelot ini selain banyak dikritik (karena tetap ‘ngeyel‘ menggunakan Desktop Environment Unity) juga banyak dinanti oleh para penggemar Ubuntu, karena dia telah menggunakan kernel 3.0 dan dapat dengan mudah dipasangi Shell GNOME (yang banyak dikritik pengguna linux tua).

Selain 2 kelebihan itu, ada beberapa hal yang menjadi kelebihan Ubuntu Oneiric ini, yakni sudah menggunakan GTK3, perubahan pada Unity menjadi lebih terasa ringan, desktop login sekarang menggunakan Light DM, support multiarch (pada x64), dll.

Namun beberapa kelebihan itu juga disertai beberapa kelemahan yang menurut saya benar-benar mengganggu (sehingga saya harus menginstall 2x), seperti misalnya brightness yang selalu kembali ke setting awal, tidak ada pengaturan screensaver (Solusinya disini!), resource yang digunakan juga cukup mantap.. :-[)
Beberapa bug pada Oneiric Ocelot
https://bugs.launchpad.net/ubuntu/oneiric/+bugs

Nah, bagi yang menggunakan Dell Inspiron 1464, saya menyarankan untuk menggunakan x86 (32bits) untuk Oneiric ini karena banyaknya bug dan banyaknya aplikasi yang tidak kompatibel, sehingga harus menginstall library 32bits yang banyaknya segudang cinta.. :-[

Untuk wifi, tetap masih dengan cara lama.. yakni tetap menggunakan koneksi internet. Namun sebenarnya kalau menggunakan fresh install, anda akan dihadapkan pada jendela instalasi BCM43 LH-PHY.. Namun saya sengaja tidak menggunakannya, karena itu akan memperlama waktu install.. Dan satu lagi, lebih baik tidak menggunakan metode upgrade, karena banyaknya komplain tentang gagalnya proses upgrade baik melalui internet maupun melalui cd.. đŸ™‚

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.