Menyandingkan Evolution dengan Google Apps dan Gmail

Evolution mungkin sejajar dengan Microsoft Outlook pada Windows. Evolution sendiri merupakan aplikasi e-mail client bawaan default pada Ubuntu. Aplikasi yang cukup handal menurut saya secara pribadi, karena Evolution mengintergrasikan beberapa aplikasi yang lain seperti kontak, jadwal, dan memo.
Untuk detail fitunya silahkan cek disini

http://projects.gnome.org/evolution/features.shtml

Namun di titik tersebut banyak orang yang mengeluhkan susahnya menggunakan aplikasi ini dan kemudian menggantinya dengan aplikasi e-mail client yang lain seperti Thunderbird. Dan selama ini saya lebih suka menggunakan Thunderbird sehingga Evolution saya hapus. Namun lama-lama pengen juga mencoba aplikasi Evolution ini dan mengukur seberapa hebatnya..

Karena saya menggunakan Google Apps sebagai pengganti pada webmail, maka penulis sedikit kesulitan dalam mensetting aplikasi Evolution ini.. Namun apabila sudah sering mensetting Gmail saya kira ini tidak terlalu susah..

Oke, langkah pertama yang jelas adalah ada Ubuntu dengan aplikasi Evolution bawaannya. Untuk Ubuntu 10.04 ke atas sudah ada di bagian Internet > Evolution Mail.

Biasanya pada pertama kali akan muncul jendela Account Preference isi sesuai dengan alamat akun Gmail atau Google Apps anda.

Setelah itu, Forward (agak aneh dengan istilah ini 😆 )
Pilih koneksi IMAP, masukkan imap.gmail.com dan gunakan SSL Encryption.

Forward lagi, dan akan muncul jendela untuk memasukkan server pengiriman e-mail.
Pilih SMTP dan masukkan SMTP milih Google Mail yaitu smtp.gmail.com, dan untuk security gunakan TSL Encryption.Selesai.. :-[)

Sebagai catatan, bahwa tutorial ini belum berguna bagi pengguna Yahoo mail biasa.. :oups:

2 thoughts on “Menyandingkan Evolution dengan Google Apps dan Gmail”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.