Membuat FTP Lokal dengan Ubuntu

Sudah lama sekali tidak menulis, kesibukan yang luar biasa membuat agak sedikit lemot mencurahkan perhatian pada blog ini. Padahal dulu pernah punya rencana untuk bisa menulis paling tidak 2 mingguan sekali.. ‘rencananya.. :(‘

Iseng-iseng saja dengan kang ciwir, untuk membuat sebuah server data via Local Area Network, dengan private folder di tiap client. Hanya admin dan beberapa orang tertentu yang bisa mengakses.
Pada percobaan awal menggunakan samba dengan tutorial dari google, bisa berhasil untuk sharing privatnya, namun kendalanya ada banyak user yang harus dimasukkan di sistem.

Percobaan kedua menggunakan webmin, dengan plugin ftpd.. namun lagi-lagi agak merepotkan untuk seorang awam seperti saya. Pengaturan webminnya itu lho.. rame banget..
Sebenarnya untuk gadmin, penulis hanya iseng-iseng nyari dari repo ubuntu untuk aplikasi ftp.. eh lha kok malah bisa..

Syarat untuk menginstal, yang jelas ada koneksi internet.
Langkah pertama install dari Synaptic Package Manager (System > Administration > Synaptic) dan cari gadmin-proftpd, atau menggunakan terminal :
sudo apt-get install gadmin-proftpd
Setelah selesai, buka aplikasinya melalu Application > System Tools > GADMIN PROFTPD (anda harus menjalankannya sebagai root)

Akan bersambung.. (kepala saya sedang sakit)

4 thoughts on “Membuat FTP Lokal dengan Ubuntu”

  1. berat euy … :mrgreen: … OTT maaf pertanyaan saya bodoh … bisa engga yah kira-kira saling transfer file via laptop hanya menggunakan wifi saja tanpa ada router dan sebagainya? jadi antar laptop saling komunikasi dengan wifi saja … kalau bisa adakah tutorialnya?

    1. Seharusnya sih bisa.. 🙂
      Logikanya, gunakan koneksi ad-hoc untuk menyambungkan 2 IP tersebut agar memiliki gateway yang sama terlebih dahulu.
      Set IPnya jadi statis, dan coba browse pake nautilus.. atau gunakan fasilitas remote.. 🙂

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.