Install Virtualbox pada Ubuntu 11.10 & Tips Error USB

Sejak beberapa bulan ini saya menjalani rutinitas yang berbeda setiap hari senin dan selasa. Dan bagi saya rutinitas ini cukuplah menyenangkan. Yakni menjadi asisten dosen untuk mengajar Ketrampilan Komputer. Walaupun belum ada ‘keuntungan materi’ yang saya terima, namun cukuplah untuk memuaskan hasrat mengenalkan dunia Komputer kepada orang lain..¬† #belajar ikhlas

Nah, karena di Lab IAIN Surakarta menggunakan Windows XP dan di ruangan lain menggunakan Windows 7 yang notabene original semua, mau tidak mau saya juga harus menggunakan kembali XP walaupun di Laptop ada Ubuntu 11.10 dan Windows 7 (bajakan), namun saya tak ingin menggunakannya karena ingin mengenalkan tentang Linux kepada para Mahasiswa yang notabene penerus generasi muda.. #Niat Menghapus Win7 Sudah Membara

Nah, untuk pilihan virtualisasi di Ubuntu sudah banyak pilihan, mulai dari Qemu sampai VirtualBox. Dan saya memilih menggunakan Virtualbox, karena selain mudah digunakan, dukungan forumnya pun lumayan lengkap.

Saya pribadi menyarankan untuk menggunakan paket instalasi dari Virtualbox, bukan dari repository. Pertama kali saya berfikir sama saja, namun ketika digunakan ternyata sangat berbeda. Mulai dari sharing folder sampai manajemen USBnya.

Langkah Instalasi
Bila sebelumnya sudah pernah menginstall virtualbox dari repository, biasanya akan ada konflik dengan VirtualBox Guest Addition, karena versi repository lebih rendah dibanding yang ada di situs asli.

Hapus Virtualbox dari repository
sudo apt-get autoremove virtualbox

Download installer Virtualbox untuk Ubuntu 11.10 disini:
https://www.virtualbox.org/wiki/Linux_Downloads

Eksekusi aplikasi dengan menggunakan perintah:
sudo dpkg -i *.deb

Bentar.. jangan senang dulu, karena biasanya si VirtualBox ini akan mengupdate add-ons bawaannya, termasuk juga Guest Additionnya.. Tapi kalau tidak ada koneksi dirumah, mendingan download sekalian packnya disini:
http://download.virtualbox.org/virtualbox/4.1.6/Oracle_VM_VirtualBox_Extension_Pack-4.1.6-74713.vbox-extpack

Error VirtualBox USB pada Ubuntu 11.10

Nah, untuk USB di Ubuntu 11.10 ini Virtualbox belum bisa mengenalinya secara baik, sehingga untuk kasus saya, webcam di Skype tidak bisa dikenali dan digunakan karena selalu muncul error ‘Failed to access the USB subsystem. VirtualBox is not currently allowed to access USB devices.. blah.. blah.. dst‘.

Solusi dari hasil googling adalah bahwa kita harus memasukkan user ke groupnya vboxusers dari Pengaturan User Accounts. Tapi semenjak 11.10, User Account tidak lagi menggunakan GUI. Oleh karenanya perintah untuk memasukkan user ke dalam group vboxusers adalah:
sudo usermod -a -G vboxusers {namauser}

dan coba cek dengan perintah ini:
cat /etc/group | grep vboxusers

Jika hasilnya adalah vboxusers:x:12x:{namauser}, maka restart komputer dan coba jalankan virtualbox anda.. #Semoga Sukses

2 thoughts on “Install Virtualbox pada Ubuntu 11.10 & Tips Error USB”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.