eViacam, Aplikasi Pengganti Mouse dengan Wajah

Dengan judul seperti itu apakah menarik? Mungkin judulnya agak aneh, namun saya pribadi pun juga merasa ganjil dengan judul tersebut untuk menjelaskan bagaimana menariknya aplikasi yang ingin saya bahas kali ini.

Semua orang sekarang pasti merasa bahwa teknologi sudah sedemikian berkembang, semua orang dimanjakan dengan penemuan-penemuan teknologi yang mumpuni. Namun mungkin anggapan itu tak berlaku bagi para difable yang mungkin malah seringkali susah untuk menggunakan jari jemarinya klak-klik di depan komputer.

Nah, namun bukan teknologi namanya kalau tak bisa menjawab kebutuhan hal tersebut. Maka aplikasi ini hadir untuk menjembatani para difable ataupun orang normal yang seringkali tidak mau susah menggunakan jarinya di touchpad dan mouse mereka.

Menurut situs pengembangnya, eViacam/Viacam ini adalah aplikasi yang berguna untuk menggantikan fungsi tangan kita dengan menggunakan kepala atau wajah (http://eviacam.sourceforge.net), jadi aplikasi ini tidak akan pernah berguna bagi yang wajahnya rata.. 😀 😛

Menariknya lagi, bahwa aplikasi ini dikembangkan secara opensource, dan telah mendapatkan berbagai penghargaan dari beberapa situs besar gratisan.. 🙂 dan selain itu, dia bisa digunakan multiplatform, yang artinya bisa digunakan baik di Linux maupun di Windows. Klik disini untuk menuju situsnya.

Saya pribadi belum pernah mencobanya di Windows, karena tidak ada komputer yang bisa digunakan untuk praktek. Namun saya mencoba di Ubuntu 10.04 LTS dengan sangat lancar.

Install eViacam di Ubuntu 10.04 LTS atau diatasnya,
Sebelum memastikan libcv2.1 libhighgui2.1 libwxbase2.8-0 dan libwxgtk2.8-0 sudah terinstall dengan baik, ada baiknya anda memastikan terlebih dahulu webcam berjalan dengan lancar. Namun dalam kasusnya saya langsung menggunakan PPA, dan tidak bermasalah sampai hari ini..

PPAnya adalah
ppa:cesar-crea-si/eviacam
Dan untuk memasukkan PPAnya dengan cara berikut
sudo apt-add-repository ppa:cesar-crea-si/eviacam
sudo apt-get update
sudo apt-get install eviacam

Bila ada error, silahkan menggunakan mantra
sudo apt-get -f install

Selamat mencoba.. 😉

3 thoughts on “eViacam, Aplikasi Pengganti Mouse dengan Wajah”

  1. Wah… Udah ada versi Opensourcenya. Saya inget beberapatahun lalu anak indonesia bikin app ky gini tapi yg bisa pake tangan. jd ky minority report gitu .. 😛 …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.