Crack File dengan rarcrack di Ubuntu

Apakah file terkompresi? File terkompresi sepemahaman saya adalah file yang dikelola oleh aplikasi lain untuk menjadikannya satu buah file dengan banyak tujuan, antara lain kemudahan untuk dikirim lewat e-mail, atau mengurangi ukuran dari banyak file tersebut. Atau juga untuk mengamankan data yang ada di dalamnya.

Ekstensinya pun banyak sekali, tapi kebanyakan ekstensi tersebut tergantung dari aplikasi apa yang digunakan. .zip adalah salah satu file terkompresi yang sudah didukung oleh Windows sehingga bisa dibuka secara default. Sedangkan dalam linux ada lebih banyak lagi ekstensinya, antara lain .tar, .tar,gz, dan .gz. Namun apabila ingin membuka file dengan ekstensi .rar atau .7z bisa digunakan aplikasi pihak ketiga. Dan saya mempersilahkan untuk googling sendiri bagaimana cara menginstall dan membukanya.

Ketika masih menggunakan Windows, saya banyak menemukan tool untuk mencari password yang terlupa ketika mengkompresi. Ada password recovery sampai yang namanya sangar2, rar-cracker dan lain sebagainya. Namun ketika mulai total menggunakan Linux, saya belum pernah mencarinya.

Cerita ini berawal ketika saya mendownload sebuah file dari sebuah penyedia download. Karena saya tidak mengetahui password dari file tersebut dan tidak terdapat keterangan tentang passwordnya, terpaksalah saya untuk mencari cara untuk mengcracknya. Setelah googling kesana – kesini, sampailah saya pada situs http://rarcrack.sourceforge.net/ yang menyediakan tool untuk mengcrack file di sistem Linux. Saya download, compile, dan akhirnya bisa berjalan.

Berikut langkah-langkahnya.

  1. Install file libxml2-dev dan build-essential, namun bila anda yakin sudah memiliki build-essential maka lewati saja untuk menginstallnya
    #sudo apt-get install libxml2-dev build-essential
  2. Download file rar-crack
    #wget http://surfnet.dl.sourceforge.net/sourceforge/rarcrack/rarcrack-0.2.tar.bz2
  3. Ekstrak hasil download, dan dari dalam folder hasil ekstrak
    make
  4. Jadi root atau cukup dengan sudo
    sudo make install
  5. cek lewat terminal
    rarcrack
  6. Jika ingin mengetahui perintah dan opsi yang bisa dijalankan beri perintah
    rarcrack --help

Tips dan trik

  1. rarcrack hanya mendukung beberapa ekstensi file saja, antara lain adalah
    Info: This program supports only RAR, ZIP and 7Z encrypted archives
  2. Pengacakan password hanya 12 digit saja. Sehingga bila anda yakin bahwa password yang anda gunakan untuk mengkompresi lebih dari 12 mending jangan gunakan tool ini.
  3. Jika anda ingin mempersingkat waktu, editlah file .xml yang dibuat oleh rarcrack ketika anda sedang mengcrack sebuah file. File .xml tersebut isinya kira-kira seperti ini
    0123456789abcdefghijklmnopqrstuvwxyzABCDEFGHIJKLMNOPQRSTUVWXYZ deretan huruf dan angka tersebut adalah dictionary yang digunakan rarcrack. ganti sesuai dengan keinginan, agar lebih mudah. Misalnya anda yakin bahwa password file terkompresi tersebut hanya angka saja.
  4. Sedangkan perintah paling mudah untuk mengeksekusi rarcrack adalah
    # rarcrack namafile.ekstensi --type .ekstensi

Sekian..

3 thoughts on “Crack File dengan rarcrack di Ubuntu”

  1. Terima kasih atas kunjungan baliknya, Mas Hanafi. Ah, saya jadi malu. Saya masih SMA, kok mas. Panggil saja “Dik”.

    Mas punya banyak pengalaman dengan Linux. Saya sih, masih “benih”. Tetapi saya akan terus berusaha. Tetaplah jadi pendukung open source ya, mas?

    Salam hangat dan jabat erat!

  2. Ping-balik: Go

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.